Produk

Selasa, 17 September 2013

Hyundai H1 All Variant


Hyundai H1 Big MPV
Ulasan by rajufebrian 
“Haaaa nyetir mobil segede ini?” Saya benar-benar suprise begitu melihat langsung Hyundai H-1 (baca: H one), Luxurious MPV boyongan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI). Tepat di awal bulan ini, saya mendapat kesempatan mencoba Multi Purpose Vehicle (MPV) anyar milik Hyundai di Intercontinental Bali Resort, Jimbaran. Peluncurannya sendiri baru dilakukan di Senayan City, Jakarta, Jumat kemarin.
Awalnya, jujur, ngeliat bodinya saya rada-rada males. Maklumlah, untuk mobil segede ini, tentu lebih enak jadi penumpang, duduk nyaman di bangku belakang. “Wah kalo mobil gini sih mending jadi bos di belakang,” kata seorang rekan. Sekilas dari luar, Hyundai H-1 memang cocok membawa keluarga, wisatawan atau pelaku bisnis dalam jumlah banyak.
All Variant H1
Tengok saja bodinya yang benar-benar bongsor. Panjangnya mencapai 5.125 mm hanya kalah 165 mm dari Volkswagen Transporter. Tingginya 1.925 mm dan lebar 1.920 mm–malah–merupakan yang terlebar di kelasnya.
Dimensi Hyundai H1
HMI untuk saat ini menyediakan varian dengan 9 dan 12 tempat duduk. “Kita tengah merancang yang berkapasitas tujuh tempat duduk,” kata Jongkie D. Sugiharto, Presiden Direktur PT HMI. Tampilan luar dilengkapi large headlamp, fog lamp, dan grille radioator berlapis chrome. Di belakang rear plastic garnish plus Parking Sensor Distance.
Konfigurasi tempat duduk 9 dan 12 seat

Konfigurasi tempat duduk 9 dan 12 seat 1
Untuk masuk, pintu samping sistim geser–meski tidak elektrik–sangat memudahkan dan hemat tempat. Lebarnya 97,5 cm alias sedikit lagi satu meter sehingga tak ada masalah. Interior? Two tone colour–black & baige–pada dasboard memberikan kesan mewah. Semua perangkat mudah dijangkau. Electro Chromatic Mirror meredam intensitas cahaya dari belakang pada malam hari dan stir dilengkapi Tilt Steering yang menyamankan pengemudi.
Interior H1 a
Interior H1b
Awalnya, saya mencoba duduk di row kedua, nyaman. Pindah ke row ketiga, nggak kalah nyaman. Lalu masuk ke bagian paling belakang di row keempat, hmmm oke juga. Hal ini lantaran Hyundai H-1 menggunakan uspensi Macpherson Strut (depan) dan Multi Link (belakang). Penumpang baris kedua dan tiga juga mengatur suhu pendingin berkat rear seat air control.
Kaca yang lebar di kiri kanan membuat penumpang bisa menikmati pemandangan dengan leluasa sembari dihibur audio system yang lumayan lengkap seperti CD, MP3, DVD, i-Pod ready dan dua LCD monitor.
Interior H1 1
Interior H12

Captain seat Special type H1 Royale
Interior H1 3
Lama-lama penasaran juga. Di hari kedua, dari Bali Collection menuju Bandara Ngurai Rai, saya akhirnya mencoba juga menyetir. Begitu duduk, ternyata handlingnya tak sesulit dibayangkan. Meski rada-rada khawatir dengan bodinya bongsor, Hyundai H-1 ternyata cukup mudah dikendalikan. Ini lantaran radius putarnya yang mencapai 5,61 meter. Jadi tak sulit jika mau parkir, tikungan atau berputar di U-turn.
Ini dibuktikan saat muter-muter melewati jalanan Kuta dan Legian yang terkenal kecil, sempit bin macet. Toh, tak ada keraguan sedikitpun saat membelokkan kendaraan besar ini.
Untuk mesin mobil berpenggerak belakang ini hanya mengeluarkan satu versi yaitu bensin 2.4 liter 16 valve DOHC. Sedangkan untuk transmisi ada yang 5-speed manual (sembilan seat) dan 4-speed otomatis (sembilan & 12 seat).
Masuk ke kelas MPV premium jelas bukan pekerjaan gampang. Meski terbilang tak subur-subur amat, tapi kebutuhan akan sebuah kendaraan yang bisa mengangkut banyak orang sekaligus terus meninggi.
Pemain lawas sudah banyak Mercedes-Benz Vito, Volkswagen Caravelle dan Transporter, Toyota Alphard, Honda Elysion, atau Nissan Elgrand. Toh, banyaknya peminat membuat HMI terjun ke pasar yang bakal menjanjikan ini.
tampak belakang
tampak samping

Pilihan warna H1
Untuk sementara, di Indonesia hanya tersedia warna Putih, Silver dan Hitam. tapi tidak menutup kemungkinan untuk warna lain, karena mobil ini diproduksi di Bekasi Indonesia. Untuk OTR di Pekanbaru bisa dilihat dibawah ini termasuk type-type nya :
  • H1 Elegance Gasoline A/T                : Rp. 385.000.000,-
  • H1 XG Gasoline A/T                        : Rp. 410.000.000,-
  • H1 XG CRDi (Diesel) A/T                : Rp. 455.000.000,-
  • H1 Royale Gasoline A/T                   : Rp. 475.000.000,-
  • H1 Royale CRDi (Diesel) A/T          : Rp. 520.000.000,-
 Untuk Info Lebih lanjut, silahkan ambil telp / Hp anda dan dial :
Mas Rozi >>> 0853 5695 5615
Untuk segala masalah kendaraan anda.

Data Spesifikasi H1 All Variant

- Engine -
Gasoline [Bensin]
Type : 2,4 MPIc
Displacement (cc) : 2.359
Bore x Stroke (mm) : 88,0 x 97,0
Compression Ratio : 10.5
Max.Power (ps/rpm) : 175/ 6000
Max.Torque (kg.m/rpm) : 32,2/ 4200 rpm
Lubricant Oil Capacity (L): 5,1
Full Tank Capacity (L) : 75

CRDi [Solar]
Type : A-2,5 Turbo
Displacement (cc) : 2.497
Bore x Stroke (mm) : 91,0 x 96,0
Compression Ratio : 17.6
Max.Power (ps/rpm) : 170/ 3800
Max.Torque (kg.m/rpm) : 40/ 2000 - 2500 rpm
Lubricant Oil Capacity (L): 7,4
Full Tank Capacity (L) : 75

- Transmission -
Gasoline Type [Bensin]                           : Automatic 4 Speed
CRDi Type [Solar]                                 : Automatic 5 Speed Shiftronic

- Safety -
Gasoline Type [Bensin]                          : Single Air Bag
CRDi Type [Solar]                                : Dual Air Bag
All Type                                                : Cruple Zone with Monocoque Body

- Suspension -
Front                                                    : McPherson Struth
Rear                                                     : Ragid Axle 5 link

- Brakes -
General                                          : Hydraulic Power Assisted with Pressure Propotioning Valve
Front Type                                     : DISC Ventilated with ABS, 2 Port Caliper, Pad Wear Warning Device
Rear Type                                      : DISC Ventilated with ABS, 1 Port Caliper, Pad Wear Warning Device
Vocuum Booster                            : Tandem 9" + 10"

- Steering System -
Type                                             : Hydraulic Power Assisted, Rack & Pinion
Minimum Turning Radius (m)         : 5,6

- Exterior Deminsion -
Overall Length (mm)                    : 5.125
Overall Width (mm)                     : 1.920
Overall Hight (mm)                      : 1.925
Wheel Base (mm)                        : 3.200
Wheel Tread (mm)                      : Front = 1,685 & Rear = 1,660
Over Hange (mm)                       : Front = 855 & Rear = 1,070
Geround Clearance (mm)            : 190


## Sebelum lanjut, baca Ket dibawah ini dulu ya,,,^_^
.> H1 Elegance (*)
.> H1 XG (**)
.> H1 Royale (***)
.> H1 All Type (ALL)


- Features –
Single Tone Color                         : ALL
Seat (Tempat duduk)                    : *12, **9 dan ***8
Row (Baris)                                  : *4, **3 dan ***3
Leather Seat (Jok kulit)                 : ALL, 2nd Row CaptainSeat with Flange Polish : ***
Alloy Wheels                                : *16”, **18” dan ***New Alloy Wheel 18” with flange polish
Keylees Entry & Burglar Alarm     : ALL
Head Unit Audio                          :2 DIN DVD + CD + MP3 + Radio +USB Slot (Audio)

- Convenience -
Elektric Slaiding Door Lh Side : ***
Roof Mounted LCD Monitor : ** dan ***
GPS : ** dan ***
Wood Grain Panel : ** dan ***
Wooden Steering Wheel : ***
Door Trim Wood Ornament : ***
Front Fog Lamp : ALL
Xeon Head Light : ** dan ***
O/S Mirror with Turning Signal : ALL
Electric Folding O/S Mirror : ***
Steering Remocon : ***
Rear View Camera : ** dan ***
Rear Parking Sensor : ALL
Front Bumper Lip (body kit) : ** dan ***
Tail Gate Ornament with Reflector : ALL
Roof Spoiler with HMSL : ** dan ***
Rear Power Outlet : ***
Tail Gate Trim Upper Cover : ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar