The Legend of Hyundai Sport Car is Back.......
Hyundai All New Santa Fe........
Hadir di Indonesia bertepatan dengan hajatan pameran otomotif terbesar di Indonesia The 20th Indonesia International Motor Show 2012 atau tepatnya setahun yang lalu, PT. Hyundai Mobil Indonesia menghadirkan varian terbaru dari Hyundai Company. Hyundai All New Santa Fe CRDi R2.2 Turbo Charging 7 Seater.
Setahun berlalu dan untuk memenuhi permintaan konsumen, maka di event The 21th Indonesia International Motor Show 2013, dengan bangga PT. Hyundai Mobil Indonesia memperkenalkan varian terbarunya All New Santa Fe berbahan bakar Bensin / Pertamax.
Parasnya
mengundang perhatian Anda, bukan? Santa Fe adalah hasil terbaru dari
tema desain Fluidic Sculpture, dimana bentuk mobil seolah ditempa oleh
aliran udara/air, dan menghasilkan desain yang membuat mobil selalu
bergerak bahkan saat sedang diam sekalipun. Grille depan dibuat seolah
menyatu dengan desain moncongnya secara alami, dan menyuguhkan
pemandangan yang bagus saat dilihat dari kaca spion mobil Anda.
Selebihnya
seperti desain Hyundai lainnya, body diimbuhi garis desain yang tegas
yang disebut 'Storm Edge', mulai dari belakang sepatbor depan hingga ke
belakang. Desain headlight juga tampak tegas, dan sudah dilengkapi
dengan Xenon HID projector lamp berbentuk kotak. Lampu belakang juga
berdesain tajam, lengkap dengan teknologi LED. Tambahan menarik lainnya
adalah panoramic roof yang membentang dari depan hingga ke belakang.
Hyundai
mendesain Santa Fe dengan panjang 4.650 mm. Lebar mobil dipangkas
sekitar 10 mm, dan kini lebih rendah 108 mm. Perubahan dimensi ini
membuat Santa Fe semakin dinamis, setidaknya itulah yang diklaim oleh
Hyundai. Apakah ini membuat Santa Fe berpindah dari SUV soft roader ke
SUV cross over? Tidak juga. Santa Fe lebih bisa
dibilang memiliki desain yang lebih dewasa dan mampu menyesuaikan dengan
kebutuhan pasar modern.
Sebagai
sebuah produk global yang dipasarkan di seantero dunia, dan dengan
berdiri diatas platform monokok yang sama dengan Hyundai Sonata,
desainer dan enjinir Hyundai mendesain agar body dan rangkanya 15 persen
lebih rigid dibanding generasi sebelumnya. Untuk menopang pergerakannya
di jalanan, suspensi depan dipasangkan model MacPherson strut didepan
dengan Multi-link di bagian belakang.
Saat pertama melihat interiornya, terutama di bagian dashboard, beragam
pendapat pun bermunculan dari tim road test kali ini. Ada yang suka,
ada yang bilang terlalu kompleks, tapi semua sepakat desain interior
Santa Fe patut diacungi jempol. Mulai dari desain yang modern, hingga
pemilihan material yang berkualitas. Kalaupun ada beberapa material
plastik yang terasa murah, Hyundai menutupinya dengan aksen yang
terlihat mewah.
Penataan
kursinya juga terasa tanpa basa-basi. Tujuh orang dewasa bisa duduk
dengan nyaman diatas kursi yang berlapis kulit. Dengan leg room yang
lega untuk mereka yang duduk di baris kedua dan ketiga, perjalanan
panjang tidak akan melelahkan. Selain itu, bagasi juga terasa mumpuni
denagn panjang 113 cm, lebar 105 cm, dan tinggi 78 cm saat bangku baris
ketiga ditidurkan. Panjang bagasi melonjak hingga dua meter saat kursi
baris kedua juga dilipat.
Desain
dan tatanan dashboard, seperti dikatakan tadi mengundang sedikit
perdebatan diantara kami. Desainnya tampak futuristik dengan penataan
tombol yang cukup ergonomis. Lingkar kemudi yang nyaman digenggam telah
dilenkapi dengan tombol pembantu pengaturan audio serta pengatur cruise
control yang cukup mudah dioperasikan. Di sebelah kanan, terdapat tombol
ECO, mobil ini meraih lima bintang dari lembaga EuroNCAP.
Performa
Disinilah Santa Fe berjaya. Meski bobotnya berada di kisaran dua ton,
tapi tingkahnya seperti anak kecil yang lincah dan enerjik. Torsi 445 Nm
akan membuat sensasi sendiri bagi pengemudi dan penumpangnya. Kami pun
kembali dikejutkan dengan angka waktu akselerasi 0-100 kpj yang berada
dibawah 10 detik.
Torsinya
yang besar, membuat Santa Fe terasa mudah untuk diajak 'kerja sama'.
Contohnya, untuk mulai melaju cepat dari keadaan diam, tidak perlu
terlalu bersemangat menginjak pedal gas. Cukup tekan hingga setengah,
tahan sedikit, kemudian Santa Fe akan menghibur Anda dengan dorongan
yang kuat. Dan jangan lupakan efek torque steer, jadi pegang kemudi
dengan sebaik-baiknya.
Transmisi
6-speed dengan torque converter biasa akan menyalurkan tenaga melalui
pilihan gigi yang tepat saat sedang dilecut. Untuk kemudian memberikan
rasa tenang saat mulai diajak menjelajah pada kecepatan yang konstan.
Saat kick down, responnya meski biasa saja tapi akurat, dan tidak akan
membuat Anda terkaget-kaget mesin meraung karena perpindahan ke gigi
rendah yang berlebihan.
Pengendaraan & Pengendalian
Meski bermodalkan mesin diesel, namun Santa Fe mampu memberikan
ketenangan dan keheningan saat dikendarai. Bahkan saat stasioner pun,
suara mesinnya terdengar minim, baik di dalam maupun diluar kabin.
Desain
luarnya yang berkesan dinamis, juga merambah hingga ke pengendaraan.
Selama berkendara santai, Santa Fe akan terasa nyaman dan memenuhi
kodratnya sebagai mobil yang efektif dan efisien untuk penggunaan
sehari-hari, baik di dalam atau di luar kota. Jalanan ibukota dan
sekitarnya yang tidak terlalu mulus dapat diredam dengan baik di
kecepatan rendah hingga menengah.
Pada
kecepatan yang lebih tinggi, suara artikulasi ban akan mulai terdengar
saat melaju melewati angka 80 kpj, meski untuk ukuran sebuah mobil
dengan velg 19 dan ban berprofil tipis, suaranya tidak terlalu
mengganggu. Ban tipis jugalah yang membuat pengendaraan terasa kasar,
terutama saat dihadapkan pada jalanan luar kota non-tol yang keriting.
Pengendalian
dengan bantuan power steering hidraulis terasa menyenangkan dan netral.
Stir mampu mengkomunikasikan apa yang dialami oleh roda saat melaju
atau bermanuver. Tapi seperti yang dibilang tadi, efek torque steer
(gejala menarik ke satu sisi saat berakselerasi karena lontaran tenaga
ke roda depan), yang menjadi ciri khas kendaraan gerak depan cukup
terasa.
Bodynya
yang rendah membuat gejala limbung minim meskipun tidak hilang sama
sekali. Namun keakuratan kendali yang disuguhkan patut diacungi jempol.
Inilah nilai tambah dari penggunaan ban bertapak lebar (235). Pendek
kata, Santa Fe cukup unggul di bidang ini. Hyundai sukses mempertahankan
gelar Santa Fe sebagai mobil keluarga yang nyaman.
Membeli & Memiliki
Akhirnya kami (auto-car.co.id) maklum kalau Santa fe dibanderol setinggi itu. Melihat
fitur dan teknologi yang dikandungnya, serta kemampuan teknisnya, wajar
bila HMI percaya diri dengan harga yang lebih tinggi dibanding
kompetitornya.
Toh,
setelah memilikinya, Anda akan dimanjakan oleh konsumsi bahan bakar
solar yang efisien, meski HMI menyarankan untuk menggunakan bahan bakar
diesel non-subsidi. Konsumsi bahan bakar selama pengujian berlangsung
tercatat 12,5 kpl untuk pemakaian luar kota, dan 7,1 kpl untuk pemakaian
di dalam kota. Angka yang bagus untuk SUV yang cukup berat.
Kalau
itu belum bisa meyakinkan Anda, HMI memberikan garansi selama tiga
tahun atau 100.000 km, (mana yang tercapai lebih dulu). Bahkan mereka
juga memberikan buy back guarantee selama tiga tahun.
Tersedia dalam 7 varian warna :
Tersedia dalam 7 varian warna :
- Vanilla White ( Putih )
- Titanium Silver ( Silver Metalik)
- Sleek Silver ( Silver )
- Arabian Mocca ( Coklat)
- Phantom Black ( Hitam )
- Ocean View ( Biru Laut )
- Red Merlot ( Merah )
Segera telp >>> Mas Rozi di Hp 0853 5695 5615
untuk pesan mobil ini.
Harga OTR Riau Rp. 460.000.000,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar